Rabu, 10 Oktober 2012

Gua Seni Tertua Di Eropa Berumur 40.800 Tahun Di Spanyol


Gua karya seni tertua di Eropa itu hari ini setidaknya telah berumur 40.800 tahun.
Lukisan-lukisan Palaeolithic di Spanyol utara diteliti untuk pertama kalinya, membuktikan bentuk seni dimulai di Eropa 10.000 tahun lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.
Ini berarti lukisan gua diciptakan oleh manusia modern secara anatomis pertama di daerah tersebut - pikiran pertama ada 41.500 tahun yang lalu - atau dengan Neanderthal.


• karya seni di El Castillo gua di Spanyol utara. Dibuat oleh meniup atau meludah cat ke dinding, para ilmuwan telah memperkirakan seni menjadi setidaknya 40.800 tahun


• Lukisan-lukisan diciptakan oleh manusia modern secara anatomis pertama di daerah tersebut - pikiran pertama ada 41.500 tahun yang lalu - atau dengan Neanderthal

Ilmuwan mampu bekerja di luar usia lukisan karya perumusan stalaktit kecil di atas seni menggunakan peluruhan radioaktif uranium.
Mereka memeriksa total 11 gua di Spanyol utara, termasuk UNESCO situs Warisan Dunia Altamira, El Castillo dan Tito Bustillo.
Tangan stensil dan disk dibuat dengan meniup cat ke tembok di El Castillo gua terbukti tanggal kembali ke setidaknya 40.800 tahun. Hal ini membuat seni gua tertua di Eropa - hingga 10.000 tahun lebih tua dari contoh sebelumnya dari Prancis.
Sebuah simbol klub besar berbentuk di dalam ruang polikrom di Altamira ditemukan menjadi setidaknya 35.600 tahun, menampilkan lukisan yang mulai ada 10.000 tahun lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya juga.

Penelitian menemukan bahwa gua itu kembali dan dicat beberapa kali selama periode yang membentang lebih dari 20.000 tahun.
Penciptaan seni dianggap penting untuk evolusi kognisi modern dan perilaku simbolik, dan dapat dikaitkan dengan perkembangan bahasa.
Dr Alistair Pike, dari University of Bristol, mengatakan: "Kami melihat bukti simbolisme sebelumnya manusia dalam bentuk manik-manik berlubang, kulit telur terukir dan pigmen di Afrika 70.000 sampai 100.000 tahun yang lalu, tetapi tampak bahwa lukisan gua yang paling awal di Eropa.
'Salah satu argumen untuk pengembangan di sini adalah bahwa kompetisi untuk sumber daya dengan Neanderthal diprovokasi inovasi budaya meningkat dari kelompok paling awal manusia modern untuk bertahan hidup.
'Atau, lukisan gua dimulai sebelum kedatangan manusia modern, dan dilakukan dengan Neanderthal.
"Itu akan menjadi fantastis mencari karena akan berarti stensil tangan di dinding gua-gua adalah garis besar dari Neanderthal 'tangan, tapi kita perlu saat ini lebih banyak contoh untuk melihat apakah hal ini terjadi."

  
• peneliti dari Universitas Bristol menghapus sampel dari lukisan di Tito Bustillo gua di Asturias, Spanyol, untuk penanggalan radioaktif


• Dr Alistair Pike menghilangkan kerak kalsit dalam 'Koridor Disk' di dalam gua El Castillo


• Penciptaan seni adalah penting untuk evolusi kognisi modern dan perilaku simbolik, dan dapat dikaitkan dengan pengembangan bahasa

Para ilmuwan terpaksa menggunakan metode uranium sebagai lukisan tidak memiliki pigmen organik atau pengikat cocok untuk penanggalan radiokarbon.
Dan bahkan jika ada bahan organik - seperti pigmen arang - hanya sampel kecil dapat digunakan untuk kencan untuk meminimalkan kerusakan.
Hal ini dapat menyebabkan kontaminasi, menyebabkan hasil yang tidak akurat.
Sebaliknya, tim internasional diukur isotypes uranium di Flowstone pertumbuhan tipis kalsit yang terbentuk pada permukaan lukisan hingga saat ini seni.
Metode, yang dikenal sebagai uranium-series disequilibrium, digunakan dalam Ilmu Bumi secara akurat saat benda-benda kuno.
Dr Dirk Hoffmann, dari Pusat Nasional untuk Investigasi of Human Evolution di Burgos, Spanyol, mengatakan: "Perkembangan utama adalah metode kami sampai saat deposito kecil kalsium karbonat kecil mirip dengan stalaktit.
"Kami sekarang dapat tanggal sampel hanya sepuluh miligram - sekitar sekecil sebutir beras. Hal ini telah memungkinkan kita untuk menemukan sampel yang dibentuk langsung di atas ratusan lukisan, sedangkan stalaktit yang lebih besar jauh lebih jarang. "
Dr Paul Pettitt, dari University of Sheffield, mengatakan: "Sampai saat ini pemahaman kita tentang usia seni gua samar, sekarang kami telah tegas memperpanjang usia awal seni gua Eropa kembali oleh beberapa ribu tahun, untuk saat terakhir Neanderthal dan Homo sapiens awal.
"Gambar-gambar awal tidak mewakili hewan, dan menyarankan bahwa seni yang paling awal adalah non-figuratif, yang mungkin memiliki implikasi yang signifikan untuk bagaimana seni berevolusi. '

Tidak ada komentar: